Kamis, 02 Juli 2015

PENGERTIAN CRM



Salam semangattt...., bertemu lagi sobat blogger  di blog saya , kali ini saya akan membahas tentang CRM (Customer Relationship Managemen) Semoga bermanfaat...... apa itu CRM?? 
CRM adalah adalah suatu jenis  strategi perusahaan yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya.CRM juga dapat didefinisikan sebagai  strategi atau pendekatan yang diterapkan suatu organisasi untuk mempelajari kebiasaan dan keperluan pelanggan sehingga suatu organisasi memiliki hubungan yang lebih dekat ke pelanggan. Terdapat juga pengertian lain dari CRM, dimana CRM didefinisikan sebagai sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.
Berdasarkan definisi tersebut terlihat bahwa CRM bukan hanya sebagai suatu teknologi yang diwujudkan dalam bentuk system informasi tetapi lebih tepatnya adalah suatu  strategi perusahaan yang diwujudkan dengan bantuan teknologi dengan penekanan hubungan terhadap pelanggan yang lebih baik.Hal ini senada dengan pernyataan Glen Petersen dalam bukunya “ROI: Building the CRM Business Case”,dimana ia mengatakan “istem CRM yang paling sukses ditemukan dalam organisasi yang menyesuaikan model bisnisnya untuk profitabilitas, bukan hanya merancang ulang sistem informasinya”

Sasaran dan Tujuan
Sasaran dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan  pelanggan dan tujuan utama dari CRM adalah  menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama ,mengurangi biaya pemasaran dan pelayanan pelanggan. Selain tujuan tersebut juga terdapat tujuan lain dari CRM seperti :
  • menyediakan barang dan jasa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan
  • menyediakan pelayanan pelanggan yang lebih baik
  • penjualan barang yang lebih baik
Berdasarkan analisa terhadap tujuan dan sasaran dari CRM dapat dilihat disini bahwa hasil dari CRM adalah menejemen hubungan dengan pelanggan yang lebih baik yang meliputi :
  • jumlah pelanggan baru yang meningkat
  • jumlah pelanggan lama yang tetap
  • tercapainya pelayanan pelanggan yang lebih baik 

Related Posts:

  • NIKMATNYA MASAKAN TRANCAM Hay guys, kali ini saya akan membahas tentang masakan khas Jawa tengahh nich :) yaituu trancam...Apa yang terbesit difikiran kalian saat mendengar kata trancam, makanan ini merupakan makanan khas dari jawa tengah, bagi yang … Read More
  • HADIST SILATURAHMI Ada dua kaki yang sangat disukai Allah, yaitu kaki yang dilangkahkan untuk menunaikan shalat fardhu dan kaki yang dilangkahkan untuk silaturrahim.(Al-Hadist) Barang siapa yang dilapangkan rezekinya dan … Read More
  • PENGERTIAN CRM Salam semangattt...., bertemu lagi sobat blogger  di blog saya , kali ini saya akan membahas tentang CRM (Customer Relationship Managemen) Semoga bermanfaat...... apa itu CRM??  CRM adalah adalah suatu je… Read More
  • KATA MUTIARA ISLAMI Kata kata mutiara cinta Islami - menurut Qayyim Al-Jauziyah mengungkapkan bahwa tidak ada batasan cinta yang lebih jelas daripada kata cinta itu sendiri. membatasi kata cinta hanya akan menambah kabur dan kering maknany… Read More
  • BERSYUKUR, BERUSAHA & SABAR Rasulullah Mengagumi seorang mukmin yang bila ia memperoleh kebaikan, ia memuji Allah dan bersyukur. Bila ia ditimpa musibah, ia memuji Allah dan ia bersabar. ( HR.Ahmad) Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © 2025 Islam Itu Indah | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com