Salam semangattt...., bertemu lagi sobat blogger di blog saya , kali ini saya akan membahas tentang CRM (Customer Relationship Managemen) Semoga bermanfaat...... apa itu CRM??
CRM adalah adalah suatu jenis
strategi perusahaan yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan
hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai
perusahaan di mata para pelanggannya.CRM juga dapat didefinisikan sebagai
strategi atau pendekatan yang diterapkan suatu organisasi untuk mempelajari
kebiasaan dan keperluan pelanggan sehingga suatu organisasi memiliki hubungan
yang lebih dekat ke pelanggan. Terdapat juga pengertian lain dari CRM, dimana
CRM didefinisikan sebagai sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan
untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas
prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.
Berdasarkan definisi tersebut
terlihat bahwa CRM bukan hanya sebagai suatu teknologi yang diwujudkan dalam
bentuk system informasi tetapi lebih tepatnya adalah suatu strategi
perusahaan yang diwujudkan dengan bantuan teknologi dengan penekanan hubungan
terhadap pelanggan yang lebih baik.Hal ini senada dengan pernyataan Glen
Petersen dalam bukunya “ROI: Building the CRM Business Case”,dimana ia
mengatakan “istem CRM yang paling sukses ditemukan dalam organisasi yang
menyesuaikan model bisnisnya untuk profitabilitas, bukan hanya merancang ulang
sistem informasinya”
Sasaran dan Tujuan
Sasaran dari CRM adalah untuk
meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui
pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan pelanggan dan tujuan utama
dari CRM adalah menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama
,mengurangi biaya pemasaran dan pelayanan pelanggan. Selain tujuan tersebut
juga terdapat tujuan lain dari CRM seperti :
- menyediakan barang dan jasa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan
- menyediakan pelayanan pelanggan yang lebih baik
- penjualan barang yang lebih baik
Berdasarkan analisa terhadap tujuan
dan sasaran dari CRM dapat dilihat disini bahwa hasil dari CRM adalah menejemen
hubungan dengan pelanggan yang lebih baik yang meliputi :
- jumlah pelanggan baru yang meningkat
- jumlah pelanggan lama yang tetap
- tercapainya pelayanan pelanggan yang lebih baik
0 komentar:
Posting Komentar